Ir. MANGINDAR SIMBOLON : TUJUAN PEMEKARAN DAERAH ADALAH UNTUK MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG GOOD GOVERNANCE


Pada prinsipnya Otonomi Daerah bertujuan untuk memberikan kebebasan/keleluasaan kepada masing-masing Pemerintah Daerah untuk mengatur, mengelola dan membangun daerah sesuai dengan karakteristiknya dan memperpendek rentang kendali pelayanan serta mempercepat terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Demikian sambutan Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-13 Tingkat Kabupaten Samosir yang dirangkai pada Apel Gabungan Aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir di Lapangan Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir, Senin (27/04).

Dijelaskannya, seiring dengan era reformasi Tahun 1998, lahirnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, Pemerintah Daerah yang bertumpu pada Kabupaten/Kota diberi kesempatan dan keleluasaan berkreasi, berinovasi mempercepat laju pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Pemberian hak otonom tersebut bukan semata-mata hanya untuk memekarkan suatu daerah, tetapi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. “Prinsip utama tata kelola pemerintahan yang baik adalah harus akuntabel, transparan dan berdasarkan hukum ,” tegas Bupati Samosir.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, tata kelola pemerintahan yang akuntabel adalah pengelolaan anggaran pembangunan tepat sasaran, sesuai dengan skala prioritas. Transparan adalah segala penggunaan anggaran dapat diketahui atau diakses oleh publik, terbuka untuk umum serta pada tataran pelaksanaannya harus sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. “Untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik tersebut dibutuhkan dan dituntut aparat pemerintahan yang baik, bermoral dan disiplin, tidak cukup hanya memiliki pengetahuan dan keahlian,” tambahnya.

Sejak digulirkannya Otonomi Daerah, banyak pihak meragukan kemampuan Pemerintah Kabupaten/Kota mengelola pemerintahan yang baik, ini merupakan peluang sekaligus tantangan, khususnya bagi Kabupaten Samosir yang relatif berusia muda. “Saya tegaskan kepada seluruh jajaran aparat Pemerintah Kabupaten Samosir mewujudkan komitmen kita mengabdi di Kabupaten Samosir demi kesejahteraan masyarakat,” tegas Bupati Samosir. “Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, saya menginginkan aparat Pemerintah Kabupaten Samosir memiliki disiplin dan moral yang baik disamping memiliki keahlian dan pengetahuan, tunjukkan kinerja, jaga wibawa selaku aparat dan layani masyarakat dengan baik,” ajaknya menambahkan.

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com