PEMKAB SAMOSIR BERSAMA PT. TPL LAKUKAN PENANAMAN POHON DI SEPANJANG JALAN TELE


Pemerintah Kabupaten Samosir bekerja sama dengan PT. Toba pulp Lestari melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan Tele sebanyak 6000 batang bibit pohon ecalyptus, dimulai dari Simpang Sijambur Nabolak – Sitaotao (Tanjung Bunga) sampai dengan ke Gapura Simpang Tele, Sabtu, 04 April 2009.


Acara penanaman tersebut merupakan salah satu upaya kepedulian Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pelaksanaan penghijauan dan pelestarian alam Samosir. Peserta kegiatan penanaman pohon tersebut adalah Pimpinan dan 10 orang Pegawai dari tiap-tiap SKPD se-Kabupaten Samosir, Utusan dari Kecamatan Pangururan, Harian dan Sianjur Mulamula, Para utusan dari BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Samosir, Unsur TNI dan Polri.

Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon mengatakan bahwa Penanaman ini dilakukan sebagai bukti dari kepedulian Kabupaten Samosir terhadap lingkungan, sehingga nanti para wisatawan yang akan datang berkunjung ke Samosir akan merasa senang dengan kesejukan alam Samosir seakan-akan para pengunjung akan merasa terpanggil oleh lambaian pohon yang kita tanam dipinggir sepanjang jalan tele ini.


Lebih lanjut kata beliau, pada tahun 1997 dan tahun 1994 sewaktu menjabat di dinas kehutanan saya telah melakukan penanaman pohon dan sampai sekarang pohon tersebut sudah besar dan masih saya ingat letak pohon tersebut karena kalau lintas dari tele ini yang pertama saya lihat adalah pohon tersebut karena menjadi sebuah kenangan bagi saya. Beliau juga mengharapkan agar pohon yang ditanam sekarang ini terus dirawat sehingga akan tumbuh besar sehingga suatu hari nanti dimana pohon tersebut sudah besar kita akan selalu mengingat bahwa kita peduli akan alam Samosir bukan itu saja pohon Ekaliptus (eucalyptus) juga adalah satu jenis kayu ”istimewa” untuk dijadikan bahan baku industri pulp, dan pulp-nya kemudian dijadikan bahan baku pembuatan kertas dan juga rayon (bahan baku tekstil). Keistimewaannya antara lain tumbuh sangat cepat (panen 7 tahun) dan kaya serat (fiber). Kualitas pulp sangat ditentukan oleh kandungan fiber-nya.

Disamping digunakan untuk bahan baku industri pulp, beberapa sub-jenis ekaliptus juga dapat dijadikan kayu pertukangan dan bahkan bantalan keretaapi karena kayunya sangat kuat. Melalui teknik penyulingan, daun ekaliptus tertentu dapat menghasilkan minyak untuk dijadikan bahan baku farmasi dan juga pewangi industri makanan. Beliau juga menghimbau kepada seluruh peserta gotong royong agar penanaman pohon ini dapat selalu dijaga serta dirawat secara bergantian oleh masing-masing dinas SKPD agar apa yang kita tanaman hari ini tidak akan sia-sia dan pohon tersebut akan terus hidup dan tumbuh besar.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Samosir, Ir. Rakhman Naibaho, MM mengatakan kepada pers bahwa apa dengan yang kita lakukan sekarang adalah suatu kepedulian kita terhadap hutan Samosir yang dimana sekarang ini hutan Samosir sudah semakin gundul. Oleh karena itulah Dinas Kehutanan Samosir bekerja sama dengan PT. TPL melakukan kegiatan ini dan penanaman ini untuk mengatisipasi terjadinya longsor, erosi dan bencana lainnya.

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com