PEMKAB SAMOSIR JAJAKI PENDIRIAN UNIVERSITAS TERBUKA DI SAMOSIR

Untuk meningkatkan kualitas SDM bagi PNS dan masyarakat di Kabupaten Samosir, Pemkab Samosir bersama Kepala UPBJJ-UT Batam menjajaki untuk mendirikan Universitas Terbuka di Samosir. Hal itu disampaikan Kabag Humas Setdakab Samosir, Tumpal Malau, SE, M.Si di ruang kerjanya, Jl. Raya Rianiate KM. 5,5 Pangururan, sepulang menghadiri Pertemuan Brainstorming Rencana Pendirian Perguruan Tinggi di Pulau Samosir kerjasama dengan UPBJJ-UT Batam di Ruang Teleconference Lantai 2 Kantor UPBJJ-UT Batam Jl. Dr. Sutomo No. 3 Sekupang – Batam.

Dalam pertemuan tersebut hadir Kepala UPBJJ-UT Batam Paken Pandiangan, S.Si, M.Si, Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon dan Kadis Pendidikan Samosir Jabiat Sagala, M.Hum, praktisi pendidikan dan para perantau dari Samosir.

Lebih lanjut menurut beliau, dalam pertemuan tersebut telah dijajaki peluang dan prospek berdirinya sebuah Universitas Terbuka di Samosir kondisi di Kabupaten Samosir, mengingat SDM-nya masih rendah, sementara fasilitas perguruan tinggi belum ada, rendahnya kemampuan masyarakat untuk menyekolahkan anak lulusan SMA, merupakan salah satu alternatif diusulkan membuka perguruan tinggi dengan sistem pendidikan jarak jauh.

“Mengingat bahwa posisi Kabupaten Samosir berada ditengah kawasan Danau Toba yang meliputi 7 Kabupaten se-kawasan Danau Toba, sehingga tepat bila UT didirikan di wilayah Kabupaten Samosir” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut Kepala UPBJJ-UT Batam, Paken Pandiangan, S.Si, M.Si, mengatakan harus ada kesediaan Pemkab Samosir atas penyediaan fasilitas gedung, insentif pegawai dan fasilitas lainnnya sedangkan untuk peralatan gedung, komputer, internet dan biaya operasionalnya ditanggung oleh UT Pusat sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebagai tindak lanjut proses pendirian perguruan tinggi berupa Universitas Terbuka, proposal dalam waktu dekat akan disusun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir difasilitasi oleh UPBJJ-UT Batam, kemudian akan dilaksanakan paparan proposal dengan Rektor UT di Jakarta

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com