Warga Desa Lumban Dolok-Tolping , Minta Polisi Abaikan Pengaduan Hotman Cs



Warga Desa Lumban Dolok-Tolping Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir meminta Polsek Ambarita mengabaikan pengaduan Hotman Cs terhadap Bustaman Silalahi. Pasalnya, pengaduan itu dinilai tak punya dasar yang kuat.


Bustaman Silalahi, warga Desa Lumban Dolok-Tolping (terlapor) yang diadukan Hotman Cs ke Polsek Ambarita, Selasa (30/6) lalu menilai dirinya diadukan atas kasus penebangan pohon. Padahal pohon yang ditanam itu berada di lahan Bustaman Silalahi. “Ya, kutebanglah. Pohon yang ditanam itu di dalam lahan kami. Dia tak punya hak punya sesuatu apapun di lahan ini. Ini lahan kami, peninggalan leluhur kami,” ujar Bustaman Silalahi.


Dia menduga, upaya Hotman Cs menanam pohon di lahan itu dalam rangka ingin merampas Desa Lumban Dolok-Tolping. “Sejauh ini, dia mengaku sebagai pemiliknya, padahal leluhur kamilah yang jelas pemilik (sipukka huta) Desa Lumban Dolok puluhan tahun lalu,” timpal Op Mawar Silalahi, warga kelahiran Desa Lumban Dolok yang kini berdomisili di Pematangsiantar.


Untuk itu, menurut Bustaman Silalahi, pihaknya meminta agar Polsek Ambarita tidak menanggapi pengaduan Hotman Cs. “Itu modus, untuk menguasai secara pelan-pelan kampung kami. Salah satu cara, dengan menanam pohon di kampung ini. Makanya saya tebang. Ada persoalan lain dibalik pengaduan itu. Jadi pengaduannya ke polisi, tidak murni kasus penebangan pohon, tapi mereka semata-mata ingin menguasai Desa Lumban Dolok-Tolping,” kata Bustaman.


Sementara itu, saat ini keluarga pemilik sah Desa Lumban Dolok-Tolping dari perantauan sedang berkumpul di lokasi yang hendak diserobot itu. Sekadar diketahui, fakta pendukung surat-surat administrasi pemilik (sipukka huta) Desa Lumban Dolok-Tolping ada di tangan Bustaman Silalahi (terlapor).


Sementara itu, Kepala Desa Tolping J Silalahi yang dihubungi Global secara terpisah mengatakan sengketa itu sudah terjadi 2002 namun hingga kini belum ada solusinya.

(PANDAPOTAN- Luhut Sijabat |GLOBAL | SAMOSIR)

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com